Tuesday 8 September 2015

DI DUGA CV FIKTIF, WARGA CABEAN LAKUKAN UNJUK RASA DI KANTOR BUPATI


NUSA KENDENG NEWS BLORA – Puluhan warga Desa Cabean Kecamatan Cepu, Blora melakukan unjuk rasa di depan kantor bupati Blora. Aksi mereka dipicu lantaran CV Hasil (pihak kontraktor) yang mengerjakan proyek Jalan Cabean Sugiwaras, Cepu, dinilai fiktif. Salah satu indikator fiktif yang ditemukan warga, karena alamat CV tersebut fiktif.
Ajir kordinator lapangan mengatakan, bagaimana bisa CV yang beralamat fiktif mengerjakan proyek yang dananya hingga Rp 1 miliar. Sehingga dikhawatirkan, CV tersebut tidak bertanggung jawab dengan pengerjaan didesa mereka.
“Seharusnya pemerintah lebih selektif. Ini uang negara, harus transparan,” ungkapnya.
Ajir menjelaskan, droping material ke lokasi proyek sudah dua kali dihentikan warga. Pertama sebelum Lebaran dan kedua beberapa hari yang lalu. Sampai saat ini, proyek yang menelan biaya Rp 1.149.856.400 ini terpaksa berhenti.
Dia mengaku, di desanya tidak ada kantor CV Hasil seperti yang terpampang dalam papan proyek. Selain itu, nama dan alamat yang ada di surat yang diberikan kepada kepala desa, juga tidak sesuai kenyataannya.

Ajir menyayangkan, pemerintah memenangkan lelang CV yang alamatnya fiktif. Tak hanya itu, dia meminta kepada dinas terkait untuk bisa mengusut tuntas CV Hasil dan memberikan sanksi atas pemalsuan tersebut. “Ini menjadi pertanyaan besar. Bagaimana kerja dinas terkait kok sampai bisa memangkan CV yang tidak jelas begitu? Apalagi CV tersebut memenangkan dua tender proyek” pungkasnya.
Seperti diketahui bersama, sesuai dengan Nomor Proyek: 602.1-BM.391-2015 CV Hasil menjadi pemenang tender kegiatan peningkatan Jalan Cabean Sugiwaras, Cepu, dengan nilai kontrak Rp 1.149.856.400. Dana tersebut berasal dari APBD murni dengan masa pengerjaan 160 hari kalender. Pelaksanaannya dimulai sejak 11 Juni sampai 17 November mendatang.
Sementara itu, Plt serketaris daerah Sutikno Slamet saat menemui warga menjelaskan bahwa tuntutan warga agar Pj Bupati Blora untuk melakukan sidak akan segera disampaikan. “ya, setelah ini kami akan langsung menyampaikan ke bapak Pj Bupati dan akan segera kami jadwalkan” tuturnya.


Sumber : http://nusakendeng.com/

No comments: